5 MANFAAT MENGIKUTI MANASIK HAJI DAN UMRAH

Manasik ibadah umrah sebuah keharusan bagi jamaah yang akan berangkat ketanah suci, mengingat ibadah haji dan umrah merupakan ibadah yang perlu pendalaman pemahaman dengan tujuan mendapatak haji dan umrah yang mabrur dan maqbul. Berikut kami rangkum manfaat mengikuti manasik.

 MENINGKATKAN PENGETAHUAN HAJI DAN UMRAH

Dengan adanya manasik, kita akan meningkatkan pemahaman Ilmu tentang haji dan umrah, ilmu masa persiapan dan sikap setelah melaksanakan ibadah di tanah suci. Dengan harapan ibadah kita di terima Allah Swt, karna para ulama berpendapat “ ibadah tanpa Ilmu, ibadahnya ditolak alias tidak diterima.

MENINGKATKAN SPIRITUALITAS

Mengikuti manasik akan menggugah jiwa agar hati kita lebih mendekatkan diri pada Allah, lebih di penuhi rindu baitullah dan rosulallah, sehingga meningkatkan sperit dalam beribadah, karena hadir ditempat manasik sama halnya hadir di majlis Ilmu dan majlis dzikir yang keutamaannya tidak diragukan lagi.

MENAMBAH WAWASAN REGULASI, PERATURAN PERJALANAN KETENAH SUCI

Manfaat selanjutnya kita akan menambah pengetahuan Update perjalanan ketanah suci mangingat dari tahun ketahun ada sajah perubahan terkait praturan regulasi dari pemerintah Indonesia atw pemerintahan arab Saudi. Dalam manasik juga akan disampaikan terkait perlengkapan dan akomodasi yang harus di persiapkan.

WADAH SILATURAHMI AGAR SALING MENGENAL

Bersilaturahmi dengan sesama kaum muslim adalah kesunahan yang di anjurkan oleh Rosulallah, maka dengan diadakan manasik ukhuawah tali silaturahmi akan terjalin lebih kuat, sehingga memudahkan berkoordinasi baik antar jamaah dan pihak travel, hal ini sangat bermanfaat agar perjalanan lebih kodusip dan merasa nyaman saat di tanah suci nanti, karna sebelumnya sudah saling mengenal.

MEMAHAMI JADUAL DAN ETENERY PERJALANAN

Manfaat yang terakhir jamaah, dengan diadakan manasik para jamaah akan memahami jadual selama perjalanan, sehingga waktu di tanah suci akan lebih  efisiensi.


Dari manfaat manfaat diatas bahwa peran manasik sangat penting, sehingga dalam perjalanan bisa lebih maksimal dalam waktu dan nyaman dalam beribadah, sehingga pulang mendapat berkah.