Banyak sekali yang harus diperhatikan oleh para calon Jamaah Umroh. Salah satunya adalah travel yang akan dijadikan sebagai pilihan untuk berangkat umroh. Apa sih yang bisa calon jamaah lakukan sebelum memilih travel umroh ?


Calon jamaah harus mengenal 5 PASTI yang ditetapkan oleh Menteri Agama. Alasan dibuatnya prinsip 5 PASTI adalah salah satu upaya Kementerian Agama agar peristiwa jamaah umrah gagal berangkat atau terlantar di Arab Saudi bisa diminimalisir, bahkan tidak terulang lagi. Dengan mensosialisasikan ke masyarakat agar selektif dalam memilih travel umrah dengan 5 PASTI ini.


Berikut penjelasan mengenai Prinsip 5 PASTI:


1. PASTI TRAVELNYA



Calon jamaah harus paham apakah travel yang dipilih sudah memiliki izin atau belum. Jika sudah ada izinnya apakah telah terdaftar sebagai PPIU resmi di Kemenag. Hal tersebut merupakan langkah pertama yang harus diperhatikan calon jamaah agar terhindar dari travel bodong atau belum berizin dan agar terjamin perlindungan, pelayanan serta bimbingan selama di tanah suci.


2. PASTI JADWALNYA


Setelah calon jamaah sudah memilih travel umrohnya, calon jamaah juga perlu memperhatikan jadwal keberangkatannya apakah sudah sesuai dengan tiket yang dipesan oleh travel tersebut.


3. PASTI TERBANGNYA


Saudi Arabian Airlines to boost A320neo Family fleet up to 100 | Airbus


Calon jamaah bisa memastikan pesawat apa yang dipakai saat keberangkatan nanti, apakah tiketnya sudah pulang pergi, apakah pesawat direct atau transit (minimal 1 kali transit).


4. PASTI HOTELNYA

THE 10 BEST Accor Hotels in Mecca, Saudi Arabia - Tripadvisor


Calon jamaah juga bisa memastikan dengan menanyakan hotel apa yang digunakan di Arab Saudi (min bintang3)


5. PASTI VISANYA


Calon jamaah juga bisa menanyakan bagaimana visa nya akan diproses (visa Minimal sudah jadi 3 hari sebelum keberangkatan).


Dengan prinsip 5 PASTI ini inshaallah calon jamaah akan terhindar dari gagal berangkat atau terlantar di Arab Saudi. Aamiin


Apa saja sih persyaratan untuk pendaftaran umroh? Simak disini!